Pages

Monday, August 15, 2011

pengerian ekonomi makro dan perbedaannya dengan ekonomi mikro

pengerian ekonomi makro dan perbedaannya dengan ekonomi mikro - Jika dalam ekonomi mikro membahas prilaku suatu pasar, maka dalam ekonomi makro dibahas perilaku seluruh pasar (industri). perekonomian dilihat sebagai suatu sistem yang terdiri dari empat pasar besar :

- Pasar Barang/jasa
- Pasar Uang
- Pasar Tenaga Kerja
- Pasar Luar Negeri.



Misalnya dalam menganalisis kegiatan konsumen yg dianalisis bukanlah tingkah laku seorang konsumen, melainkan keseluruhan konsumen.

Seperti pasar dalam teori ekonomi mikro. Pasar disini adalah pertemuan antara permintaan dan penawaran. Namun permintaan dan penawaran disini adalah permintaan dan penawaran secara keseluruhan (Aggregate Demand=AD, Aggregate Supply=AS).

Dalam ekonomi makro dipelajari juga dua aspek utama pasar yaitu harga (P) dan kuantitas (Q) barang/jasa. Harga disini adalah harga umumnya yang diukur dgn Indek Harga Konsumen (inflasi). dan kuantitas dari barang / jasa yang dihasilkan diukur dengan GDP (Growth Domestik Product).

Ekonomi makro mempelajari faktor-faktor apa yang mempengaruhi P dan Q di masing-masing pasar. Karena P dan Q adalah hasil pertemuan / perpotongan antara kurva permintaan dan penawaran, maka dgn mengetahui faktor faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran, pemerintah dapat membuat kebijakan yang dapat mempengaruhi P dan Q di masing-masing pasar tsb.

Jadi apa yang dimaksud dengan Ilmu ekonomi Makro ?

"Macroeconomics is the study of aggregate economic activity. Aggregate economic activity is the performance of economic as a whole – the economy in the aggregate." (Michael Parkin)

Ilmu ekonomi makro adalah ilmu yang mempelajari tentang aktivitas ekonomi secara keseluruhan (aggregat). Aktivitas economi aggregat merupakan kinerja ekonomi secara keseluruhan - Perekonomian secara keseluruhan. Misalnya perekonomian suatu Negara, Provinsi, atau Kabupaten, Kota.

sekian postingan dari saya jangan lupa berikan komentar dan baca juga artikel - artikel lainya .
Wasalam






No comments:

Post a Comment