Pages

Monday, August 15, 2011

pelaku ekonomi dan arus kegiatan prekonomian terbuka

pelaku ekonomi - dalam sebuah perekonomian terdapat beberapa pelaku - pelaku yang mempunyai peran nya masing masing untuk menjalankan roda perekonomian agar terus berjalan, pelaku - pelaku itu disebut sebagai pelaku ekonomi. Dalam perekonomian terbuka Ada empat pelaku ekonomi yaitu :

  1. Perusahaan (Firm, Bussineses)
    yaitu pihak yang menyediakan barang dan jasa untuk tujuan produktif, pihak perusahaan berperan untuk menjual barang dan jasa kapada konsumen baik dalam maupun luar negri
  2. Rumah tangga (Houshold)
    Pihak yang menikmati atau pengguna barang dan jasa yang dihasilkan oleh perusahaan, pemilik faktor produksi
  3. Pemerintah (Government)
    Sebagai penguasa, pengatur, pengontrol, konsumen, Produsen, Investor
  4. Masyarakat luar negeri (Foreign sector)
    Dapat berperan sebagai Konsumen, Produsen, Investor atapun Tenaga Ahli.
Arus kegiatan perekonomian terbuka

berikut ini adalah skema arus kegiatan perekonomian terbuka :





keterangan gambar

- Dalam ekonomi makro dikenal ada empat pelaku ekonomi yaitu : Dunia Usaha (firm), Rumah Tangga, Pemerintah dan Luar Negeri. Keemapat pelaku ini saling melakukan interaksi.

- Perusahaan menghasilkan barang/jasa. Kemudian dikonsumsi oleh Rumah Tangga dan Pemerintah. Hasil produksi perusahaan sebagian/seluruhnya diekspor ke luar negeri. Perusahaan juga dalam memproduksi barang/jasa mengimpor bahan baku/penolong dari luar negeri. Selain itu perusahaan atas penjualan dan keuntungannya dikenakan pajak yang disetorkan kepada Pemerintah.

- Rumah tangga dgn faktor produksi yang dimilikinya dijual kepada perusahaan dan mendapaatkan balas jasa berupa pendapatan (upah, sewa, deviden, bunga). Kemudian dengan pendapatannya itu digunakan untuk membeli barang dan jasa (konsumsi)








No comments:

Post a Comment